Skip to main content

Permainan Bola Besar Kelas 5 SD

Assalamulaikum, Salam Sehat, Salam Olahraga !!!

    Bagaimana kabar kalian semuanya? saya harap kita semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Tetap semangat belajar walapun kita belum dapat bertatap muka di sekolah yang kita rindukan.
Ingat pandemi Covid 19 belum berakhir, tetap jaga kesehatan dan selalu menjalankan protokol pencegahan covid 19 mulai dari pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan yang lebih penting tetap belajar dari rumah hingga pandemi ini benar-benar dinyatakan berakhir dan aman. 

    Pada kesempatan kali ini pembelajaran PJOK kita lakukan melalui daring, jadi bacalah dan pahami materi di bawah ini dengan baik. Setelah itu kerjakan tugas yang diberikan di akhir bacaan ini.
Oke langsung saja, pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang permainan bola besar, seperti sepak bola, bola voli dan bola basket. Untuk itu baca materi dibawah ini !!

Apa itu permainan bola besar?? 
    Permainan bola besar adalah olahraga permainan yang dilakukan secara beregu dengan menggunakan bola berukuran besar. Sepak bola merupakan termasuk salah satu permainan bola besar. Selain sepak bola, permainan bola besar lainnya ialah bola basket dan bola voli. Permainan bola besar umumnya dilakukan secara beregu. Oleh karena itu, permainan bola besar memerlukan koordinasi, kerja sama, dan sportivitas. Mari, kita berlatih bersama dan bermain bola besar agar kamu sehat dan sportif. Saat bermain sepak bola, kamu juga berlatih menghargai teman, mengembangkan semangat pantang menyerah, dan saling bekerja sama.

BAB I 
Kombinasi Gerak Dasar dalam Berbagai Permainan Bola Besar
A. Kombinasi Gerak dalam Permainan Sepak Bola
        Sepak bola merupakan permainan beregu yang terdiri atas sebelas pemain. Dalam permainan sepak bola, setiap regu berusaha memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Untuk memasukkan bola ke gawang lawan, dibutuhkan kerja sama dan kemampuan gerak dasar yang baik. Setiap pemain harus menjaga gawangnya agar tidak kemasukan bola oleh regu lawan.
Untuk dapat bermain sepak bola dengan baik dan benar kamu harus dapat menguasai kombinasi gerak lomotor, nonlokomotor dan manipulatif. Berikut kombinasi gerak dasar dalam permainan sepak bola.

1. Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menendang Bola
        Menendang bola merupakan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif yang harus dikuasai pemain. Gerak lokomotor ditunjukkan saat berlari ke arah bola. Gerak manipulatif ditunjukkan saat menendang bola.
a. Berlari dan Mengoper Bola
        Menoper bola disebut juga dengan passing. Passing dilakukan untuk mengoper bola ke arah teman satu regu, mengoper bola (passing) termasuk gerak maniplatif. Gerakan ini dapat dilakukan dengan berlari yang merupakan gerak lokomotor.
b. Berlari dan Menendang Bola ke Arah Gawang
        Menendang bola ke arah gawang lawan disebut shooting. Bagian kaki yang mengenai bola saat menendang ialah punggung kaki dan kaki bagian dalam, gerakan shooting termasuk gerak manipulatif. Gerakan ini juga diikuti dengan berlari atau berpindah tempat (lokomotor).

2. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menghentikan Bola
        Menghentikan bola merupakan kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif. Menghentikan bola dapat dilakukan dengan cara berikut.
a. Menarik Kaki dan Menghentikan Bola
        Bagian kaki untuk menghentikan bola, ialah bagian dalam, bagian luar, punggung kaki, telapak kaki, dan paha. Bagian kaki menghadap arah datangnya bola., tarik kaki untuk meredam laju bola. Kuasai bola saat bola mengenai bagian kaki
b. Gerak Manipulatif Menghentikan Bola dengan dada
        Badan diliukkan ke arah belakang dan kedua lengan ditekuk di samping badan. Saat bola mendekat, tarik badan sedikit ke arah belakang untuk menghentikan bola. Selanjutnya, bola didorong ke depan.

3. Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menggiring Bola
a. Berlari dan Menggiring Bola dengan Kaki Bagian Dalam
        Gerakan menggiring bola (gerak manipulatif) dapat dikombinasikan dengan berlari (gerak lokomotor). Menggiring bola dengan kaki bagian dalam membuat bola bergulir sesuai arah dan lintasan yang diinginkan
b. Berlari dan Menggiring Bola dengan Punggung Kaki
        Menggiring bola dengan punggung kaki biasanya dilakukan dengan gerakan yang cepat. Berlari sambil menggiring bola menunjukkan kombinasi gerak lokomotor dan gerak manipulatif.

B. Kombinasi Gerak dalam Permainan Bola Voli
        Bola voli merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan dimana masing-masing tim berjumlah 6 orang. Dalam permainan bola voli, terdapat gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Ketiga gerak ini dapat dikombinasikan dalam permainan bola voli. Sebagai langkah awal pembahasan materi kombinasi gerak dasar dalam permainan bola voli, lakukan kegiatan berikut.

1. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing Bawah
        Gerakan passing bawah merupakan bentuk pukulan bola menggunakan lengan bawah untuk memantulkan bola. Saat melakukan passing bawah, kamu harus meluruskan kedua siku di depan badan dan dirapatkan, kemudian ayunkan kedua lengan dari bawah dengan mengatur kekuatan dorongan bola, badan sedikit membungkuk, pandangan mengarah ke bola agar bola memantul sempurna. Posisi Passing bawah dilakukan jika bola datang agak rendah. Passing bawah bertujuan agar bola melambung dan memudahkan teman menerima atau memukul bola kembali.

2. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing Atas
        Saat melakukan passing atas, kamu dapat mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif. Gerak nonlokomotor ditunjukkan dengan menekuk kaki dan mengayun lengan ke atas. Adapun gerak manipulatif dilakukan dengan mendorong bola ke atas depan.


 
C. Kombinasi Gerak dalam Permainan Bola Basket
        Bola Basket merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan dengan masing – masing tim berjumlah 5 orang dan bertujuan untuk memasukkan bola ke keranjang lawan sebanyak-banyaknya. Induk olahraga bola basket di Indonesia disebut Perbasi. Untuk dapat bermaian bola basket harus menguasai kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif. Berikut kombinasi gerak dalam bermaian bola basket

1. Kombinasi Gerak Manipulatif dan Nonlokomotor dalam Gerakan Mengoper Bola
        Melempar/mengoper bola (passing) merupakan kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif. Gerakan mengoper bola dibedakan sebagai berikut.
a. Mengoper setinggi dada (Chest Pass)
        Gerakan ini dilakukan dengan kedua tangan memegang bola dan kedua siku tangan ditekuk sehingga bola berada di dekat dada. Menekuk siku tangan termasuk gerak nonlokomotor. Gerak manipulatif ditunjukkan saat melakukan gerak melempar/mendorong bola.
b. Mengoper di atas kepala (Over Head Pass) 
        Gerak nonlokomotor ditunjukan pada saat tangan diluruskan dan diayunkan sambil memegang bola di atas kepala. Kemudian melempar/mengoper bola kepada kawan yang merupakan gerak manipulatif. 
c. Mengoper bola pantul (Bounce Pass)
        Memgang bola di depan dada dengan menekuk kedua siku tangan, selanjutnya meluruskan lengan untuk memantulkan bola ke lantai yang bertujuan mengoper kepada kawan. Gerak manipulatif ditunjukan pada saat memantulkan bola ke lantai sedangkan gerak nonlokomotor ditunjukan pada saat menekuk dan meluruskan kedua tangan.


2. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menangkap Bola
        Menangkap bola merupakan bentuk kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif. Gerakan menangkap bola sangat penting dalam permainan bola basket. Berikut beberapa kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif saat menangkap bola
a. Menekuk Lengan dan Menangkap Bola Lambung
b. Membungkukkan Badan dan Menangkap Bola Menggelinding

 
3. Kombinasi Gerak Nonlokomotor, Lokomotor, dan Manipulatif dalam Gerakan Menggiring Bola
        Menggiring bola (dribble) dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai menggunakan jari-jari telapak tangan. Gerakan menggiring bola basket dapat kamu pelajari pada uraian berikut.
a. Menggiring bola di tempat, dilakukan dengan cara berdiri dan kedua lutut agak rendah. Posisi badan condong ke depan. Bola dipegang serta didorong ke lantai dengan telapak tangan dan jari. Pada saat bola memantul, tangan mengikuti gerakan bola sebelum mendorong kembali bola ke lantai. Gerakan ini termasuk kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif. 
b. Menggiring bola dengan berjalan atau berlari, diawali dengan berdiri dengan kedua lutut ditekuk dan badan condong ke depan. Kaki dilangkahkan sambil memantulkan bola ke lantai. Pergelangan tangan rileks agar bola mudah dikendalikan. Menggiring bola dengan berjalan atau berlari termasuk kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif.


 
Terimakasih sudah membaca materi ini sampai akhir, diharapkan kalian dapat memahami materi pembelajaran ini. Apabila masih kesuliatan dalam memahami materi ini ajaklah teman kamu untuk berdiskusi dan jika ada pertanyaan dapat kalian ajukan melalui kolom kementar di bawah.

Selanjutnya kerjakan tugas di bawah ini, download lembar kerjanya dengan cara klik link berikut ini :


Setelah di kerjakan kemudian kirim hasil pekerjaanmu melalui WA grup. Selamat mengerjakan !!

Wassalamualaikum, Salam Olahraga !!!

Sumber :
Simamora, Berton Supriadi. Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD/MI / Berton Supriadi Simamora. -- Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud, 2019. xx, 236 hlm. : ilus. ; 29,7 cm.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Permainan Bola Besar - PJOK Kelas 4

Assalamualaikum, Salam Sehat, Salam Olahraga !!!      Bagaimana kabar kalian semuanya, saya harap kita semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Tetap semangat belajar walapun kita belum dapat bertatap muka di sekolah yang kita rindukan. Ingat pandemi Covid 19 belum berakhir, tetap jaga kesehatan dan selalu menjalankan protokol pencegahan covid 19 mulai dari pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan yang lebih penting tetap belajar dari rumah hingga pandemi ini benar-benar dinyatakan berakhir dan aman. Pada kesempatan kali ini pembelajaran PJOK untuk kelas 4 kita lakukan melalui daring, jadi bacalah dan pahami materi di bawah ini dengan baik. Setelah itu kerjakan tugas yang diberikan di akhir bacaan ini.      Oke langsung saja, pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang permainan bola besar, seperti sepak bola, bola voli dan bola basket. Untuk itu baca materi dibawah ini !! Apa itu permainan bola besar??       Permainan bola besar adalah olahraga perm

Penyakit Menular dan Tidak Menular Kelas 5 SD

Pembelajaran PJOK Melalui Daring Kelas 5 SD Assalamualaikum, bagaimana kabarnya? Pasti sudah kangen kan dengan sekolah. Tapi apalah daya kita masih harus tetap dirumah karena ada virus corona Covid 19 supaya kita bisa memutus rantai penyebaran virus ini. Jaga kesehatan walaupun saat berpuasa dengan makan makanan yang bergizi ketika berbuka dan sahur. Lindungi diri dan keluarga dari virus corona dengan selalu cuci tangan kalian,dan tetap dirunah saja apabila bepergian gunakanlah maskes ya. Oke langsung saja bacalah materi dibawah ini supaya kamu dapat memahami tentang penyakit menular dan tidak menular. Bab 9 Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit Kamu pasti mengetahui bahwa kesehatan mahal harganya. Jika tidak menjaga kesehatan, kamu dapat menderita penyakit. Saat tubuh masih sehat, kamu hendaknya mensyukuri karunia Tuhan tersebut. Bagaimana caranya? Berolahraga secara teratur, cukup istirahat, dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat kamu biasakan dalam ke

BAB 1 Permainan Bola Besar - Kelas 6

  Assalamualaikum, Salam Sehat, Salam Olahraga !!! Bagaimana kabar kalian semuanya, saya harap kita semua selalu ddiberi kesehatan dan keselamtan. Tetap semangat belajar walapun kita belum dapat bertatap muka di sekolah yang kita rindukan. Ingat pandemi Covid 19 belum berakhir, tetap jaga kesehatan dan selalu menjalankan protokol pencegahan covid 19 mulai dari pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan yang lebih penting tetap belajar dari rumah hingga pandemi ini benar-benar dinaytakan berakhir dan aman. Pada kesempatan kali ini pembelajaran PJOK kita lakukan melalui daring, jadi bacalah dan pahami materi di bawah ini dengan baik. Setelah itu kerjakan tugas yang diberikan di akhir bacaan ini. Oke langsung saja, pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang permainan bola besar, seperti sepak bola, bola voli dan bola basket. Untuk itu baca materi dibawah ini !!   Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Besar Sepak bola termasuk salah